Resep dan cara membuat sambal cabai hijau Padang

Resep sambal cabai hijau/ sambel ijo khas Padang. Kalau kita makan masakan Padang, pasti disediakan sambal cabai hijau dan lalapan dari singkong. Sangat enak sekali kalau colek dengan lalapan maupun ayam gorengnya.

Resep sambal cabai hijau Padang

Sambal cabai hijau Padang berbeda rasanya dengan sambal orang Jawa seperti sambal penyet Lamongan dan lainnya. Sambal ijo ini rasanya lebih segar, sedikit manis, dan ada rasa sedikit asam. Rasa asam disini berasal dari air jeruk nipis. Sangat unik bukan? kalau sambal penyet di Jawa tidak menggunakan jeruk nipis. Penasaran ingin segera membuatnya? Yuk simak resep sambal cabai hijau Padang berikut ini:

Bahan yang diperlukan:

Cabai hijau yang besar 200 gram (2 ons)

Cabai rawit hijau 50 gram (1/2 ons)

Bawang merah 6 siung

Bawang putih 3 siung

Tomat ijo ukuran sedang 2 buah

Air perasan 1 buah jeruk nipis

Gula pasir 1 sendok makan

Garam 2 sendok teh

Cara membuatnya:

  1. Kita bersihkan tangkai cabainya dan cuci bersih.
  2. Bahan yang harus dikukus adalah cabai hijau, tomat, tabai rawit, bawang putih, bawang merah selama 5 menit (kurang lebih sampai semua bahan layu).
  3. Kita tumbuk bahan yang sudah di kukus. Ciri khas sambal hijau Padang adalah kasar jadi saat menumbuh jangan sampai halus banget tapi agak kasar.
  4. Bahan yang sudah ditumbuk kita goreng dengan mentega atau minyak goreng. Masukan air jeruk, garam, dan gula. Aduk-aduk hingga harum.

Cara membuat sambal penyet Lamongan

Cara membuat sambal ayam goreng Suharti

Itulah resep sambal cabai hijau Padang. Kalau di daerah Padang sendiri, rasa sambal hijau sangat pedas. Karena mereka lebih suka dengan makanan yang pedas. Begitu juga dengan kuah masakan mereka yang identik dengan santan. Mereka menyukai masakan yang diolah dengan santan. Berbeda dengan rasa sambal cabai hijau yang orang Pada jual di daerah Jawa yang rasanya pedas dan manis. Selamat mencoba di rumah…. 🙂

Resep dan cara membuat sambal cabai hijau Padang | admin | 4.5