9 manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh yang jarang orang ketahui

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Buah kiwi yang kaya antioksidan ini dapat mencegah kanker, insomnia, dan diabetes. Kandungan flavonoid pada kiwi dapat menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Sifat anti-mikroba dari buah kiwi dapat memperkuat pertahanan kekebalan tubuh.
Manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh
Kiwi merupakan buah yang berasal dari China. Kiwi adalah nama dari cina yang dinobatkan sebagai buah asli dari China. Buah kiwi memiliki rasa yang uni dan menyegarkan dengan tekstur yang lembut. Jenis buah kiwi yang banyak dikonsumsi adalah jenis kiwi emas.

Nilai gizi pada buah kiwi
Buah kiwi yang kecil ini mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita. Kiwi merupakan sumber vitamin C. Vitamin yang lain termasuk vitamin A, folat, vitamin E dan vitamin K dalam jumlah yang cukup banyak. Kiwi juga mengandung sejumlah mineral seperti fosfor, magnesium, dan kalsium. Selain itu buahnya kaya serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh
Berikut manfaat buah kiwi secara medis yang kami lansir dari organicfacts.
1. Sebagai antioksidan
Kiwi kaya akan vitamin C dan karotenoid yang dapat menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Sebuah penelitian telah membandingkan kandungan antioksidan antara kiwi, jeruk, dan anggur. Ternyata kiwi mengandung antioksidan yang paling tinggi. Kiwi dapat melindungin DNA pada sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga mencegah berbagai penyakit yang menyerang.

2. Menjaga kesehatan jantung
Kiwi juga kaya polifenol selain dari vitamin C, vitamin E, dan kalium yang terbukti efektif menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi penelitian telah mengungkapkan bawa pemberian kiwi dalam membantu mengurangi trigliserida dalam darah. Konsumsi buah kiwi secara rutin dapat mencegah pembekuan darah.
Memperbaiki kualitas tidur
Kiwi merupakan sumber serotonin yang membantu untuk memperbaiki kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. Sebuah studi investigasi yang dilakukan dalam hal ini telah menunjukkan bahwa konsumsi kiwi membantu dalam meningkatkan efisiensi tidur dan waktu tidur. Kiwi mengandung jumlah yang baik dari flavonoid seperti naringenin, quercetin, rutin, catechin, epicatechin yang dapat mencegah dan mengobati insomnia.
 
3. Meningkatkan penyerapan zat besi
Manfaat yang menakjubkan dari buah kiwi adalah kemampuannya untuk penyerapan zat besi dalam tubuh. Kekayaan vitamin C dan fitokimia lainnya seperti lutein dan zeaxanthin dalam kiwi membantu dalam meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh dan mencegah gangguan kekurangan zat besi. Sebuah studi melakukan perbandingan antara kiwi dan pisang. Buah kiwi paling baik dalam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh dibandingkan dengan pisang.
 
4. Menyehatkan mata
Buah kiwi dapat menyehatkan mata karena mengandung fitokimia lutein dan zeaxanthin. Bersama dengan vitamin A, kedua nutrisi tersebut dapat melindungi mata dari katarak, penglihatan kabur dan sebagainya.
Artikel rekomendasi
 
5. Menyehatkan pencernaan
Kiwi dapat menjaga sistem pencernaan dengan baik karena kiwi kaya dengan serat. Kiwi mencegah sembelit dan merangsang kerja usus. Polisakarida pada kiwi dapat mencegah adhesi enteropatogen dan merangsang probiotik dalam usus besar. Ekstrak buah kiwi dapat mendorong asam laktat dan menghambat perkembangan bakteri Secherichia Coli dalam mempertahankan kesehatan pencernaan.
 
6. Bermanfaat bagi ibu hamil
Kiwi mengandung folat yang tinggi. Manfaat folat adalah untuk mencegah terjadinya cacat saraf pada bayi yang belumlahir dan sangat penting untuk perkembangan otak agar bayi cerdas. Nutrisi lainnya seperti vitamin C, E, dan K bersama dengan flavonoid menjaga kesehatan janin dan ibu hamil.
 
7. Menjaga kesehatan kulit
Buah kiwi membantu untuk menjaga kulit sehat dan mulus. Kiwi mengandung vitamin C yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan lecet. Vitamin E hadir dalam kiwi membantu dalam mengurangi garis-garis halus dan munculnya keriput. Vitamin E juga membantu dalam mengurangi efek berbahaya dari radiasi ultra-violet pada kulit. Antioksidan hadir dalam kiwi bekerja sebagai anti-penuaan sempurna, mencegah kulit dari degenerasi awal dan tetap meremajakan sel kulit.
 
8. Mencegah kanker
Buah kiwi secara tradisional dipercaya sebagai obat di Cina untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti kanker hati, kanker payudara, kanker perut dan kanker paru-paru. Ekstrak buah kiwi menghambat proliferasi sel-sel kanker dan melindungi kerusakan DNA endogen. Buah Kiwi bekerja melawan kanker dengan menjadi sitotoksik untuk sel-sel kanker ganas tanpa mempengaruhi sel-sel sehat. Kebanyakan dari antioksidan, karotenoid, vitamin bersama dengan serat meningkatkan efektivitas pencegahan atau penyembuhan kanker. Fitokimia dalam kiwi membantu dalam mengurangi toksisitas anti-kanker dengan merangsang proliferasi sumsum tulang.
 
9. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Konsumsi buah kiwi membantu dalam memerangi anti-mikroba dan anti-jamur. Buah kiwi membantu dalam mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas dingin dan flu dan lainnya.
9 manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh yang jarang orang ketahui | admin | 4.5