Apa itu Food Combining

Apa itu Food Combining. Mungkin sebgaian readers, sista atau bunda-bunda lain sering mendengar apa itu food combining yah. Atau malahan ada yang belum dengar sama sekali? Hohooo,,,baiklah,,,saya akan menjelaskan apa itu sih Fc aka efceh aka food combining.

food combining menu

Saya sendiri kebetulan pelaku food combining sejak tahun 2012 awal,,, kala itu dikenalkan oleh kakak saya sendiri yang sudah melakukan 1 tahun lebih awal (#dan aku sangat berterimakasih sekali, luv u so much ma beloved sister!). jadi saya sudah mau hampir 5 tahun melakukan food combining yah. Mungkin nanti saya sering menyebutnya FC saja ya, biar simple :p. Okeh lanjut, apa sih FC itu? Apakah sejenis diet?

BUKAN. FC adalah pola hidup (lifestyle), bukan menu diet, bukan diet herbal, bukan ritual tertentu untuk menyembuhkan sesuatu, bukan pula untuk menurunkan berat bedan. Bukan sama sekali. Intinya FC itu adalah pola hidup yang menitik beratkan pada keseimbangan PH dalam tubuh agar netral atau cenderung basa sehingga tubuh mencapai kondisi kesehatan paling prima. Jadi sasaran kita adalah ‘membuat tubuh sehat’ dulu. Ingat anda tidak sakit belum tentu anda sehat (paham ngga maksudnya?).

Begini, misalkan ah saya ngga sakit kok, saya sehat-sehat saja, makan sate, makan mie saya ngga papa kok. Ngapaian ribet-ribet ngubah pola hidup. Sudah dari dulu turun temurun makan kayak gini juga ngga papa kok. Kalau emang sakit ya itu sudah kuasa Ilahi. Sakit diabetes, ah ngga heran lah kan ayahku emang punya, itu keturunan. Kegemukan? Ahh itu juga genetik. Kanker? Ah sudah kodrat Tuhan kali (wah ini pemahaman yag salah kaprah banget). Tuhan ngga sejahat itu ya sista, ngga bakal ngasih penyakit turun temurun gitu kalau tidak bukan karna pola hidup anda yang perlu dikoreksi. Jadi jangan sesekali nyalahin Tuhan gegara penyakit tertentu. Tubuh manusia merupakan mesin paling canggih ngga bisa dibandingin dengan ciptaan mahluk manapun. Tinggal kitanya mau merawat apa engga begitu. (lihat juga: menu mpasi sehat untuk buah hati tercinta)

Menurut beberapa penelitian, kondisi PH tubuh saat netral atau cenderung basa merupakan kondisi kesehatan yang paling prima. Dengan kata lain pada saat kondisi tubuh seperti itu penyakit-penyakit menjauh. Ingat tubuh yang ‘sehat’ akan ‘mencari’ berat badan idealnya sendiri, menjadi langsing itu bonusnya. Malahan sel kanker tidak bisa hidup dalam kondisi tubuh ‘basa’. Benar-benar penemuan yang memukai bukan?

Terus masalahnya apa? Masalahnya sangat sulit sekali menjaga tubuh agar tetap memiliki PH netral atau cenderung basa. Karna apa? Apa yang kita selama ini makan kebanyakan akan membentuk asam dalam tubuh kita. (ingat tubuh kita asam bukan berarti banyak makan makanan berasa asam ya, dimengerti lagi konsep asam basa dalam darah kita, paling ngga cek lagi buku kimia apa sih asam basa itu?)

Makanan olahan (#bukan bahan makanan segar) setelah dicerna dalam tubuh akan cenderung menggeser PH tubuh ke asam. Padahal apa yang kita makan kebanyakan olahan semua bukan? Apalagi yang suka makanan cepat saji (junkfood or fastfood), mulai sekarang dikurangi dikit-dikit ya sista.

Nah pola makan food combining ini mencoba untuk menetralkan atau menggeser ke arah basa PH  tubuh kita. Karna jika PH tubuh asam tubuh kita mudah menarik penyakit seperti magnet menarik logam, gampang sakit alias letoy. Pernah mengalami seperti itu? Dikit-dikit pilek? Dikit-dikit demam? Mudah capek, letih lesu? Muka kusam?  Itulah sebagian efek dari apa yang kita makan selama ini.

Dan yang lebih penting lagi (yang ini sebagian belum pada tahu), makanan yang suit dicerna (rendah serat) pasti akan membebani sistem cerna terutama usus besar. Menurut Dr. Hiromi Shinya, usus yang kotor juga berakibat pada berbagai macam penyakit, termasuk berimbas pada muka kusam. Nah lohh?

Sebenarnya masih banyak lagi pembahasan mengenai masalah-masalah yang ada di dalam tubuh. Sebenarnya hanyalah bermula dari karna usus besar kita kotor. Pembuangan tidak lancar. Adakah yang mengalami masalah demikian? Pembuangan tidak tiap hari? Bisa dipastikan tubuh anda tidak sehat.

Terus bagaimana? Beralihkan ke alam sesuai dengan FC. Allah SWT menyediakan makanan segar yang tinggal konsumsi seperti buah dan sayur segar. Ihh,,, sayur segar kan penyebab penyakit tokso?! (adakah yang berpikiran demikian?), itu paham yang keliru. Bagaimana bisa nyalahin and takut sayur segar tapi minum kopi, alkohol dan teh tetep jalan?!

Buah dan sayur segar dan jika dikonsumsi secara benar (akan dibahas lebih lanjut dalam juklak food combing) adalah pembentuk basa di dalam tubuh, dan jelas antioksidan (apa itu?#sabar dulu penjelasan ini ya), minum hanya air berkualitas yang kaya mineral (air putih, air mineral dan yang lebih bagus lagi kangen water), patuhi juklak FC, insya allah tubuh lebih bugar.

Nah demikian sekilas tentang Food combining, untuk penjelasan juklaknya, akan saya bagikan untuk pembahasan berikutnya tetap di dapur santeaja.com. Semoga paham yahh,,,,

Apa itu Food Combining | admin | 4.5