Cara Membuat Batagor Kuah yang Super Lezat

Cara membuat batagor kuah – Nih buat sista yang tidak pernah absen ngemil batagor. Seberapa sering nih sista makan batagor seminggu? Jangan ngaku pecinta batagor kalau belum tahu kepanjangan dari batagor, “bakso-tahu-goreng”. Loh ko bisa? Berarti batagor bukan berasal dari luar negeri layaknya siomay gitu? Hehehe, ya sista.

resep cara membuat batagor kuah

Batagor itu berasal dari Indonesia, konon dari salah satu sumber menceritakan asal muasal batagor (yang ini penulis juga belum tahu pasti tapi memang dapat dari salah satu sumber, buat wawasan saja yak sist), jadi awalnya ada seorang mahasiswa di Bandung tengah malam kelaparan terus si mahasiswa ini pergi keluar cari makan (maklum anak kos, makan aja nyari), pas kebetulan ketemu si abang penjual bakso, tapi emang dasar anak kos yang malang, si abang tidak mau melayani mahasiswa yang konon lagi TA tersebut dikarenakan tidak mau rugi jika harus membuat bakso hanya untuk satu orang.

[Resep batagor Bandung yang cetar membahana ]

Akhirnya mahasiswa dan si abang bakso ini berunding, sampai titik temu, si abang mau menggoreng bakso dan tahu sebagai pengganjal perut mahasiswa. Dari situlah asal mula makanan“batagor” sista. Perjuangan si mahasiswa ternyata membuahkan resep baru bagi si abang, dan sekarang batagor sudah laris dimana-mana. Ada macm-macam juga variasi dari batagor misalnya batagor kuah dan batagor kering.

Senengnya nih penulis bisa ngeshare lagi resep dari chef santeaja.com, yang pasti resepnya selalu yang bermanfaat dan bergizi yah. Langsung saja yuk pantengin cara membuat batagor kuah 🙂

Bahan dan bumbu batagor:

  1. Ikan tengiri yang diambil dagingnya kemudian haluskan, 250 gram
  2. Tepung sagu, 3 sendok makan
  3. Tahu bandung putih 6 buah, potong diagonal dulu yah sis menjadi 2 bagian
  4. Siapkan bakso sapi siap pakai, 12 buah
  5. Bakso sapi bentuk gepeng besar 12 buah, siap pakai yah sist
  6. Garam 1 sendok teh
  7. Merica bubuk 1 sendok teh
  8. Daun bawang yang telah diiris halus, 1 batang
  9. Minyak goreng secukupnya
  10. Air bersih, 50 ml
  11. Sambal dari cabe rawit merah yang masih segar yah sista

Bahan dan bumbu kuah batagor:

  1. Tulang ayam, 250 gram
  2. Bawang putih, 3 siung
  3. Memarkan 2 cm jahe
  4. Garam 1 sendok teh
  5. Merica bubuk 1 sendok teh
  6. Kecap ikan 1 sendok makan
  7. Air bersih 1 ½ liter

Cara membuat batagor kuah:

  1. Campurkan daging tengiri, garam, merica bubuk, tepung sagu, dan air, aduk hingga merata.
  2. Tempel 1 sendok makan adonan ke potongan tahu, sambil ditekan-tekan supaya adonan menempel.
  3. Masak potongan tahu yang sudah ditempeli adonan ke dalam minyak panas, goreng hingga berwarna kecokelatan, setelah matang kemudian tiriskan. Setelah batagor matang, sista tinggal membuat kuahnya.

[ resep cimol bandung yang bisa buat wirausaha ]

Cara membuat kuah batagor:

  1. Pertama yang perlu sista buat adalah kaldu ayam. Tulang ayam, bawang putih, dan jahe rebus dengan air yang telah sista siapkan.
  2. Tambahkan merica bubuk, garam, dan kecap ikan, aduk-aduk sampai rata.
  3. Campurkan bakso ke dalam kuah, aduk merata, masak terus yah sista sampai baksonya matang, kemudian angkat.

Selesai cara membuat batagor kuah, saatnya sista menyajikan dengan memasukkan beberapa batagor sesuai selera sista dalam mangkuk, kemudian beri kuah dan bakso. Jangan lupa taburkan daun bawang agar aroma dan rasa makin sedap. Sajikan juga sambal cabai rawit merahnya yah sista 🙂