Cara Membuat Pempek Palembang Kapal Selam

Resep cara membuat pempek Palembang kapal selam – Siapa bilang yang boleh bisa membuat pempek cuma orang Palembang? Bagi sista yang bukan darah Palembang juga boleh kok membuatnya (iyalah kan belum dibuat undang-undang larangan membuat pempek selain orang Palembang). Hehehe. Hampir di semua wilayah di luar Palembang pasti ada yang berjualan pempek, penyuka makanan berkuah ini pun makin hari makin bertambah.

Resep Cara Membuat Pempek Palembang Kapal Selam

Ada banyak jenis pempek, namun yang paling terkenal adalah pempek kapal selam. Telur ayam yang dibungkus adonan pempek merupakan ciri khas makanan ini. Pempek kapal selam juga disajikan dengan kuah cuka atau biasa orang-orang Palembang menyebut kuah ini “cuko”, tahukah sista jika cuko bermanfaat untuk mencegah karies gigi atau rusaknya lapisan dentin dan email pada gigi? Memang benar sista, karena ada 9-13 ppm fluor yang terdapat pada 1 liter cuko. Keren kan sista? Tidak perlu takut kena karies lagi nih. Biasanya pelengkap dari sajian pempek kapal selam ini diberi tambahan timun yang dipotong dadu kecil-kecil juga tambahan mi kuning. Pasti segeeer.

Pada kesempatan ini chef santeaja.com akan memberikan resep lengkap cara membuat pempek Palembang yang terdiri atas banyak bagian bahan dan cara membuatnya, tapi sista jangan menyerah dengan resep ini, karena tujuan dari pembagian tersebut agar sista lebih mudah membuat pempeknya. Memang cukup terlihat panjang dan ribet, tapi hasilnya juga memuaskan.

 Baca resep pisang goreng crispy yang super yahuuut

Bahan 1:

Tepung terigu 25 gram.

Air bersih boleh matang atau mentah, 100 cc.

Garam dapur yang telah dihaluskan, 1 sendok makan.

Bahan 2:

Daging ikan tenggiri 500 gram, boleh ganti dengan ikan belida yang pipih atau ikan gabus, haluskan ikannya yah sis, bekukan di kulkas.

Telur ayam yang telah dikocok, 1 butir.

Air putih, 100 cc.

Bahan 3:

Tepung tapioka, 400 gram.

Telur ayam secukupnya sebagai bahan isian si pempek.

Bahan membuat kuah “cuko” pempek Palembang kapal selam:

Gula merah, 1 kilogram.

Asam jawa, 3 sendok teh atau bisa juga sista ganti dengan cuka makanan.

Air rebusan 2 liter.

Cabe rawit sesuaikan dengan tingkat selera kepedasan sista yah.

Bawang putih yang telah dihaluskan, 200 gram.

Garam yang telah dihaluskan secukupnya.

Cara membuat pempek Palembang kapal selam:

  1. Bahan 1 yang sudah sista siapkan campur menjadi satu kemudian aduk rata. Rahasia kesuksesan pempek salah satunya dengan memasukkan adonan yang sudah rata ini ke dalam kulkas sekitar 30 menit.
  2. Dari bahan 2, sista dapat mengambil daging ikan tenggiri yang telah sista bekukan, diamkan daging sebentar hingga lunak. Kemudian campur daging ikan tenggiri, campurkan di wadah yang terpisah yah sista. Setelah itu, tambah air putih secukupnya, aduk sampai rata.
  3. Tahap ketiga ini sista campurkan bahan 1 dan 2 dalam wadah kemudian aduk hingga rata dan tercampur. Masukkan bahan 3, tepung tapioka yang telah sista siapkan masukkan sedikit demi sedikit ke adonan sambil sista aduk adonannya, tapi jangan terlalu lama yah sis mengaduknya karena nanti pempek bisa keras.
  4. Adonan yang telah jadi tinggal dibentuk pempek kapal selam, sebelum membentuk adonan, tangan sista perlu diberi lumuran tepung tapioka dulu agar adonan tidak lengket.
  5. Sekarang sista bentuk pempek sesuai dengan bentuk pempek kapal selam. Bentuk adonan menjadi bulat menyerupai bola tenis, kemudian tekan bagian tengah dengan menggunakan tangan hingga membentuk mangkuk yang kecil. Ketebalan mangkuk ini sedang saja yah sista, jangan tipis agar isi si pempek tidak keluar ketika dimasak.
  6. Adonan berbentuk mangkuk tadi kemudian diisi dengan telur ayam, jangan penuh-penuh isinya agar adonan mangkuk dapat ditutup lagi. Setelah proses pengisian adonan mangkuk, adonan mangkuk tutup rapat-rapat dengan cara menekan katupnya dengan ujung jari sista sampai membentuk pempek kapal selam.
  7. Setelah adonan terbentuk menjadi pempek kapal selam, itu berarti si pempek siap untuk masuk ke air rebusan, rebus dalam air yang mendidih. Rahasia sukses pempek lagi nih dari chef, sista perlu tambahkan minyak seperlunya dalam air mendidih tadi, supaya pempek tidak lengket dan tidak saling menempel saat direbus. Perhatikan adonannya, jika adonan pempek telah mengambang pada permukaan air maka si pempek kapal selamnya telah matang sista. Tinggal diangkan dan tiriskan.
  8. Pempek yang telah sista rebus tinggal digoreng deh, namun menggorengnya jangan banyak-banyak, jangan sampai wajan penuh yah sis, cukup empat hingga lima biji saja agar pempek tidak saling menempel dan lengket. Goreng sampai warna pempek terlihat kekuningan, angkat dan tiriskan. Pempek Palembang kapal selamnya sudah jadi nih sista, tinggal buat cocolannya, yuk buat si cuko endeees.

Cara membuat kuah “cuko” pempek Palembang kapal selam:

  1. Rebus gula merah, asam jawa atau cuka makanan pada air rebusan, rebus sampai gula merah larut.
  2. Masukkan cabe rawit, bawang putih, dan garam juga ke dalam air rebusan. Rebus cuko tersebut kira-kira 20 menit. Angkat kuah cuko dan sajikan dalam mangkuk.

Nah itulah cara membuat pempek Palembang kapal selam, lengkap kan sista? Saat menyajikan sista juga dapat menyiapkan timun yang dipotong dadu kecil-kecil dan tambahkan mi kuning. Selamat mencobanya sista 🙂