Cara Membuat Siomay Bandung yang Lezat

Cara membuat siomay Bandung– Ngomong-ngomong soal Bandung nih selalu saja bikin fun, tidak akan ada matinya deh. Mulai dari tempat wisatanya, tempat tongkrongan, sampai kulinernya, unik dan beragam. Kayaknya tuh semua sudut kota Bandung merupakan spot menarik sist, mojang-mojang Bandungnya juga ihheur geulis-geulis. Eits dah, kok malah nyambungnya ke mojang -_-.

cara memasak siomay bandung

Saking beragamnya kuliner khas Bandung, penulis sampai bingung nih mau bahas kuliner yang mana. Tapi tenang penulis sudah memutuskan bakalan bahas resep apa, kali ini penulis akan membahas secara rinci cara membuat siomay khas Bandung. Kenapa memilih siomay, karena menurut penulis siomay ini merupakan makanan yang sangat-sangat spesial, yalah siapa sih yang tidak suka makanan siomay. Yang bikin pembahasan kali ini spesial ya karena siomaynya ini juga spesial siomay Bandung. Siomay Bandung digemari segala kalangan dari anak-anak cupu sampai anak-anak gaul, dari yang jualan di pinggir jalan sampai di resto. Hualah jaaan, siomay Bandung ada dimana-mana. Selain spesial siomayjuga tak kalah bermanfaat dari makanan lain, siomay ini dibuat dari bahan ikan tengiri dan daging ayam dijaminlah bergizi.  Keren kan? Kebayanglah bagaimana kerennya sista kalau sista juga bisa membuat siomay Bandung ini.  Lebih lengkapnya, yuk simak saja resepnya.

Bahan dan bumbu siomay Bandung:

  1. Yang perlu sista siapkan nih ya, haluskan ikan tengiri 200 gram, haluskan udang 100 gram, haluskan daging ayam 100 gram.
  2. Parut halus labu siam 100 gram.
  3. Iris halus daun bawang cukup 1 helai.
  4. Telur ayam 2 butir, ambil putihnya aja yah sist.
  5. Tepung sagu, 150 gram.
  6. Garam 1 sendok makan.
  7. Gula pasir 1 sendok teh.
  8. MSG atau penyedap ½ sendok teh.
  9. Kecap manis sesuia selera.
  10. Haluskan bawang putih 3 siung, haluskan bawang merah 6 siung.
  11. Lada bubuk 1 sendok tek.
  12. Jangan lupa siapkan kulit pangsit sebagai pembungkus siomay.
  13. Juga siapkan bahan-bahan pelengkap (kentang, kubis, dan tahu)
  14. Bahan pelengkap; kentang, kubis, dan tahu.

Bahan dan bumbu saus kacang:

Bawang merah 4 siung, bawang putih 3 siung, cabe merah 4 buah dibuang dulu isinya, kacang tanah yang sudah digoreng 300 gram, kemiri 4 butir, garam 2 sendok makan, gula 2 sendok makan, jeruk limau 2 buah, dan cuka secukupnya.

[ Resep pempek kapal selam yang lezat ]

Cara membuat siomay Bandung:

Adonan siomay:

Campur daging ayam, daging ikan tengiri, dan labu siam. Kemudian taburkan garam, penyedap, masukkan gula, bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan, dan bubuk lada. Aduk-aduk sampai rata. Masukkan daun bawang, tepung saju, dan putih telur. Aduk lagi yah sista.

Membentuk siomay:

Yuk sist saatnya membentuk siomay.

  1. Kulit pangsitnya disipakan, kemudian ambil 2 sendok makan adonan dan isikan pada kulit pangsit, bentuk siomaynya dengan bentuk wiru-wiru sebagai bentuk pertama siomay.
  2. Bentuk siomay kedua, tahu dibelah kemudian isi dengan adonan.
  3. Bentuk siomay ketiga, kentang belah kemudian beri isian adonan di atasnya.
  4. Bentuk siomay keempat, siapkan kubis, bagian batangnya dibuang yah sist, isi dengan adonan kemudian gulung.

Setelah siomay dibentuk sista panaskan dulu dandang untuk mengukus siomay. Kukus dulu siomay serta semua bahan pelengkap sampai matang.

Saus kacang:

Semua bahan dan bumbu saus kacang dicampur dan dihaluskan yah sista tambahkan air secukupnya, kemudian dimasak menggunakan api sedang, setelah meletup-letup beri garam, gula, dan cuka. Masak hingga saus mengental, setelah matang angkat.

Taraaa, siomay dengan saus kacang telah siap, bisa ditambah sajian telur rebus juga yah sist. Cara membuat siomay Bandung tadi semoga bermanfaat bagi sista. Ingin tambah keren? Dicoba yah resepnya J