Cara Membuat Susu Kedelai  yang Benar Agar Tidak Langu

Cara membuat susu kedelai  yang benar agar tidak langu – Kedelai merupakan bahan makanan multi fungsi, karena dari bahan kedelai dapat menghasilkan berbagai bahan olahan. Misalnya yang sudah tidak asing yaitu, tempe. Tempe pun bisa diolah lagi menjadi berbagai macam makanan, ada kering tempe, tempe goreng, tempe bacem, tempe lagis, dan mendoan (di daerah Purwokerto, Banyumas, menggunakan tempe yang dibungkus daun atau terkenalnya “tempe buntel”). Selain tempe, kedelai ini juga dapat dibuat susu, biasa penulis menyebut “Sule” atau susu kedelai. Susu kedelai ini dapat menjadi alternatif yang tepat bagi sista yang mungkin tidak terlalu suka dengan susu sapi karena amisnya. Susu kedelai tidak berbeda dengan susu sapi, pasti bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan kita. Bagi penderita penyakit jantung sama darah tinggi nih biar tidak kumat sakitnya. Baik juga loh dikonsumsi setiap hari, karena ternyata eh ternyata susu yang juga dinamai susu kacang ini dapat menjaga kekebalan tubuh. Namun kebanyakan susu kedelai masih terasa bau langunya, kan jadi merusak selera kita minum susu kedelainya yah sist.

Cara Membuat Susu Kedelai  yang Benar Agar Tidak Langu

Tapi tenang, bagi sista yang ingin selalu terjaga kesehatannya tapi anti sama bau langu kedelai bisa disimak nih resep dari chef santeaja.com, muga-muga menjadi manfaat 🙂

Bahan yang sista butuhkan untuk membuat susu kedelai:

Yang pasti kacang kedelai ½ kg, terus 1 bungkus vanili biar sedap wanginya, gula pasir dan garam sesuaikan dengan selera sista. Sudah itu saja bahannya. SIMPEL.

Cara membuatnya nih sista:

Pertama si kedelai dicuci dulu dengan air mengalir sampai bersih. Setelah itu rebus kira-kira 15 menit. Rendamlah kedelai di air yang bersih 10 sampai 12 jam hingga kulit ari kedelai terkelupas dan menjadi lunak. Cuci kembali yah sista kedelainya sambil diremas supaya kedelai benar-benar bersih dari kulit ari.

Baca Resep es krim buah dengan tinggi vitamin

Setelah proses yang cukup panjang tadi, kedelai pun selanjutnya diblender, diberi air sedikit yah agar memblendernya lebih mudah. Tarraaa, sekarang kedelainya sudah halus, terus campur kedelai halus dengan air yang sudah mendidih kira-kira saja yah sis, jangan terlalu banyak.

Kemudian saring kedelai halusnya, sista bisa menggunakan saringan atau bisa juga dengan kain  bersih, tujuan proses penyaringan ini agar ampasnya terpisah.

Sista, susu kedelainya sudah jadi. Eitss, tapi masih ada proses lanjutan nih. Sabar yah. 🙂
Susu kedelai yang sudah jadi ini selanjutnya direbus lagi sampai mendidih agar steril dari bakteri, mikroba, juga untuk menghilangkan bau langu si kedelai. Kan ketahuan caranya biar bau si “sule” minggir jauuh. Hehe, lanjut, cek sista, sudah mendidih? Jika sudah, kecilkan api lalu aduk selama kira-kira 15 menit agar susu kedelai tahan lama juga tidak ada endapan dari sari  kedelai.

Terakhir, tambahkan gula, vanili (biar aromanya sadap dan bau langu semakin jauh), dan garam yah sista sesuaikan dengan selera. Nah sekarang asli sudah jadi nih susu kedelai ala sista dan chef santaiaja.com. Sista yang semangat, minuman ini bisa diminum dalam keadaan masih hangat atau juga dingin (saran penulis, sesuaikan dengan mood). Jika sista mau buat untuk persediaan bisa juga yah, tinggal di simpan di kulkas.

Resep puding coklat yahut banget

Oke sista dengan selesainya pembahasan cara membuat susu kedelai yang benar agar tidak langu, maka  berahirlah kuliah pertemuan kali ini bersama chef santeaja.com. Loh malah jadi kuliah. Okelah sukses dan selamat mencoba. 🙂

Cara Membuat Susu Kedelai  yang Benar Agar Tidak Langu | admin | 4.5