Cara membuat telur asin dengan air garam

Cara membuat telur asin dengan air garam – Sebelumnya saya sudah memberikan resep membuat telur asin dengan batu bata. Dari sekian cara membuat telur asin, cara yang ini lebih sederhana. Sista tidak perlu repot-repot untuk mencari batu bata kemudian mengaduknya dengan garam. Cukup sediakan toples dan air garam sudah cukup untuk membuat telur asin di rumah.

Pusat telur asin di Indonesia adalah kabupaten Brebes. Kalau di Brebes nya sendiri, para perajin telur asin menggunakan batu bata dan abu gosok sebagai media pembuatan telur asin. Sekarang telur asin sudah sampai ke Singapura dan Malaysia lho. Gak percaya kan? Waktu itu saya sendiri berniat mencari siapa yang jualan online telur asin. Eh ternyata ada yang jualan telur asin sampai ke negeri tetangga. Tentunya telur asinya lebih mahal kalau sudah sampai lokasi tujuan. Oke langsung saja yuk cara membuat telur asin dengan air garam.

cara membuat telur asin dengan air garam Alat yang diperlukan : sebuah toples

Bahan yang diperlukan:

10 butir telur bebek

Air kurang lebih 1,5 liter

½ kg garam dapur yang kasar (garam krosok harganya sangat murah, hanya Rp500)

Cara membuat:

  1. Telur bebek dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibersihkan agar kotorannya hilang serte bertujuan agar pori-pori telur terbuka.
  2. Tuangkan 1,5 liter air ke dalam toples.
  3. Masukan telur asin ke dalam toples. Toples ditutup rapat
  4. Simpan selama 14 hari dan amankan dari jangkauan anak-anak.
  5. Rebus telur asin pada air yang sudah dipanaskan terlebih dahulu kemudian telur asin baru dimasukan. Rebus selama 20 menit.

Sangat simple bukan? Untuk menambah aroma, sista bisa menambahkan bawang putih yang sudah di haluskan atau digerus agar telur asinnya semakin sedap. Hasil dari membuat telur asin dengan air garam ini tidak kalah dengan yang memakai batu bata yaitu sama-sama mempasir.

Cara membuat telur asin dengan air garam | admin | 4.5