Cara membuat telur asin dengan batu bata

Cara membuat telur asin dengan batu bata – Hal yang paling ditunggu-tunggu penulis saat teman kos penulis pulang kampung adalah telur asinnya (maklum penulis masih jadi anak kos).  Mudik kemana lagi kalau bukan ke daerah Brebes. Sista tahu kan daerah Brebes? Itu loh salah satu kabupaten dekat dengan Tegal. Ya, Brebes memang terkenal dengan salah satu makanan unik ini, bukan hanya keunikan rasa dan teksturnya saja tapi telur asin ini juga memiliki keunikan dari cara pembuatannya.

cara membuat telur asin brebes

Selain karena kandungan gizi telur asin yang tinggi, proses yang cukup panjang dalam pembuatannya pun menjadikan telur ini semakin mahal saja dari segi harga per butirnya (gimanan penulis sampe ngga nungguin oleh-oleh temen coba, biar gretongan -_- .hehehe).

Daripada sista beli telur asin mahal dan harus ikut-ikutan nungguin gretongan kaya penulis mending sista buat sendiri saja kan ya? Prosesnya memang panjang tapi tidak terlalu sulit kok. Apalagi membuat telur asin ini memiliki suatu filosofi, yaitu belajar kesabaran.hahaha (Halah apaan sih nih penulis). Karena prosesnya panjang sebaiknya sista membuat telur asin ini dengan porsi besar yah sista, agar tidak bolak-balik. Tenang saja telur asin ini sanggup awet satu bulanan kok, selain itu telur asin juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. J

Langsung saja yah sista ada resep dari chef santeaja.com nih cara membuat telur asin dengan batu bata. Wow, batu bata? Emang bisa? Penasaran? Alaaah simak saja deh sis. Yuuuuk…

Bahan untuk membuat telur asin:

200 butir telur bebek

2 kilogram garam dapur

5 kilogram batu bata yang telah dibubukkan

Cara membuat telur asin dengan batu bata:

Pada tahap pembuatan telur asin dengan batu bata ini, sista perlu melewati enam proses tahapan.

  1. Tahap pemilihan bahan

Saat memilih telur bebek, sista perlu memperhatikan kualitasnya dengan melihat bentuk, ukuran, warna, dan berat telur bebek. Sebaiknya berat telur bebek sama dan masih segar tentunya.

Jangan memilih batu bata yang berwarna merah kehitaman yah sista, karena sista akan kesulitan saat menumbuknya. Adonan batu bata yang merah kehitaman juga akan susah menyerap, sehingga garam dan air tidak menyatu dengan telur.

[ Baca membuat telur asin dengan batu bata ]

  1. Tahap pencucian

Tuang air ke dalam ember kemudian masukkan telur bebek, bersihkan telur dengan menggunakan kain yang telah dibasahi sampai kotoran terlepas dari cangkang telur.

Pada proses ini sista juga perlu nih memperhatikan apakah telurnya mengapung atau tenggelam, jika telur mengapung, berarti telur tersebut kualitasnya tidak bagus, dan perlu disingkirkan.

Setelah telur dibersihkan, kemudian tiriskan hingga benar-benar kering agar telur mudah dibungkus dengan adonan batu bata.

baca resep lainnya cara membuat pempek kapal selam yang gampang

  1. Tahap pembuatan adonan batu bata

Tumbuk batu bata dengan menggunakan palu. Setelah menjadi bubukkan tambahkan dengan garam, campur dua bahan tersebut dengan air secukupnya, jangan terlalu banyak yah sis, jangan sampai adonan batu bata terlalu encer.

  1. Tahap penggaraman

Bungkus telur bebek dengan adonan kira-kira ketebalan 0,5 cm. Adonan pembungkus harus merata pada telur agar asinnya pun merata. Simpan telur ke dalam pengaron. Setelah itu biarkan telur dalam pengaron selama beberapa hari. Jika sista ingin telur yang asin super, biarkan 15 hari, namun jika ingin asin yang sedang sista cukup menunggu 10 hari. Proses ini sebenarnya bisa dipercepat sista, caranya dengan meningkatkan tingkat kepekatan garam. Semakin banyak  garam yang dicampur ke dalam adonan, semakin cepat proses penggaramannya.

  1. Tahap pengupasan adonan batu bata

Setelah sista menunggu cukup lama dan penuh kesabaran, sista pun tiba untuk memanen telur asin. Rontokkan adonan batu bata dari cangkang telur. Eits, adonan jangan langsung dibuang yah sista, karena masih bisa dipakai lagi. Sista tinggal menambah adonan dengan 1 kilogram garam lagi, sebagai pengganti garam yang telah di serap telur sebelumnya.  Kemudian cuci telur dengan menggunakan kain yang dibasahi yah sis, tapi harus hati-hati jangan sampai telur retak apalagi sampai pecah. Adduuuh

  1. Tahap perebusan telur asin

Telur asin yang sudah dibersihkan kemudian direbus dalam panci yang sudah diisi dengan air. Perhatikan sista ketinggian airnya,  air harus di atas permukaan telur yah sis agar cepat matang dan merata. Tunggu hingga air rebusan mendidih, setelah mendidih jang buru-buru diangkat telurnya. Tunggu kira-kira 15 sampai 30 menit sampai telur asin matang. Tiriskan deh telur asinnya. Baru bisa sista nikmati si telur perjuangan ini…hehe

Begitulah cara membuat telur asin dengan batu bata, begitu mudah membuat makanan bergizi. Selamat mencobanya 🙂

Cara membuat telur asin dengan batu bata | admin | 4.5