Resep ayam bakar kampung maknyus ala happycall

Resep ayam bakar kampung maknyus ala happycall. Daging ayam memang tidak ada habisnya ya sista kreasi yang menarik untuk dimakan eh dimasak. Bisa digoreng, campuran mie ayam ah banyak sekali kalau saya sebutkan satu-satu di sini. Kali ini saya ngga akan membahasa jenis-jenis aneka hidangan ayam, nanti malah tambah lapar :P.

Masih tentang hidangan ayam, ceritanya pagi itu saya lagi malas belanja lagian juga harus berangkat gasik nguli (o.o), maksudnya akunya sok sibuk gitu. Bosen masak itu-itu saja, dan ada happycall yang nganggur (happycall itu doublepan ya sista, dan itu merk :D). Berhubung suami juga lagi pengen makan aku eh makan ayam, maka tanpa pikir panjang, ubek2 isi kulkas, masih ada ayam beli kemarin di freezer, ada beberapa sayuran mentimun, cabai segar wahhhh cucok ini. Maka jadilah saya memasak ayam bakar spesial, eh kok spesial sih ayam bakar kampung makyus ala happycall. Kenapa ada embel-embel happycall? Ya karena saya memasak menggunakan itu (gitu aja repot #plak). Sebenarnya kalau sista punya alat pembakar sate or pemanggang malah bisa pake itu, ini berhubung saya punyanya cuman doublepan aka happycall yang ternyata multiguna, ya udah deh manfaatin (kan istri cerdas #nyengir).

resep ayam bakar kampung maknyus ala happycall

Oke langsung saja nih dicek, sederhana banget kok sista, yang penting ada ayamnya dan kalau saya yang penting ada double-pan nya hahahaha. Rasanya? Hemmm ngga kalah sama beli di restoran-restoran gitu kalau kata suami sayah #kibas poni. Eh kok malah curcol gini. Nih silahkan disimak! (resep lainnya bisa disimak or dikepoin di santeaja.com tentunya ya)

Bahan:

– ayam kampung ½ kg (bisa pakai ayam sayur)

– 500 ml kaldu ayam

– dua sendok makan mentega (kalau saya pakai bl*e band)

– minyak sayur untuk menumis bumbu

Bumbu halus:

– 4 siung bawan putih

– 4 siung bawang merah

– ½ siung bawang bombay

– 2 buah cabai merah yang sudah dibuang bijinya

– 2 ruas jari kunyit

– 2 ruas jahe

– 2 buah kemiri

– 1 sendok teh lada bubuk

– 1 sendok teh penyedap rasa

– garam secukupnya

– 1 sendok makan gula merah

-1 sendok teh ketumbar

– ½ sendok teh pala bubuk

Bumbu tambahan:

– 2 ruas lengkuas digeprek

– 1 buah sereh digeprek

– 2 lembar daun salam

– 1 lembar daun jeruk purut

– 3 sendok makan kecap manis

 

Cara membuat:

– cuci ayam dengan air mengalir sampai bersih dan potong-potong sesuai selera.

– tumis bumbu halus sampai harum dan matang dengan sedikit minyak sayur, masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga merata dan masukkan air kaldu ayam.

– masukkan lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk purut dan kecap manis, aduk-aduk kembali hingga merata, dan tunggu sampai ayam empuk dan bumbu meresap hingga warnanya kecoklatan.

– setelah ayam empuk dan air kaldu meresap beserta bumbunya, angkat dan sisihkan.

– siapkan double-pan happycall dan olesi dengan mentega sampai rata.

– panaskan di atas api yang kecil serta sembari susun ayam yang sudah diungkep tadi. Bakar sampai matang dan harum (ayamnya setelah diungkep sebenarnya sudah matang, jadi ini biar harum dibakar saja hihii). Jangan lupa dibolak-balik jangan sampai gosong.

– setelah merata matang sempurna dan bau khas harum ayam bakar, angkat.

– susun dalam piring saji, ayam bakar kampung maknyus ala happycall siap disantap!

Lebih enak lagi kalau dicocol sambel ya sista. Kali ini saya ngga akan menulis resep sambel pelengkapnya di sini. Sisa bisa lihat aneka resep sambel di sini yang pernah saya tulis sebelumnya dulu-dulu. Dan juga jangan lupa dimakan dengan sayur ya sista, untuk aneka resep sayur bisa dilihat di sini juga :D.

Nah…, selamat memasak \(@.@)/

Resep ayam bakar kampung maknyus ala happycall | admin | 4.5