Resep ayam goreng serundeng rempah

Resep ayam goreng serundeng rempah. Ayam,,,,, ayam,,,, wah siapa sih yang ngga doyan makan daging ayam? Menu yang satu jelas menjadi favorit hampir semua orang bukan sista? Atau jangan-jangan sista and mas bro di sini juga pada doyan? Kalo author sendiri? Yahh…gimana ya,,, ga begitu doyan sih,, ngga doyan dikit tapi doyan banyak :P.

Ceritanya waktu itu saya lagi jalan-jalan sama orang tercinta (#baca misua), dan perut toba-tiba lapar tidak tertahankan. Langsung deh clingak-clinguk nyari sesuatu yang bisa dimakan. Nah tepat di pinggiran jalan pas banget ada penjual jajanan dan lauk. Bisa ditebak sendiri kan apa yang ada di sana sesuai dengan tema judul artikel ini. Iyak,,,, betul sekali,,,, ayam serundeng. Iseng-iseng sih beli satu (Critanya buat berdua biar kesannya romantis gitu #baca irit hahahaha). Dan wahh,,,kok enak ,,,, ahhhh nyesel beli satu doang. Ya udah akhirnya daripada males bolak-balik, dan saya ingat kalau saya masih ada stok daging di freezer, ya udah,,, mari kita bekerja di dapur buat makan malam.

resep ayam goreng serundeng

Kebetulan suami pulang malam, ya udah pas banget kan. Langsung sore itu ublek-ublek di dapur mumpung si kecil sudah tidur. Penasaran apa yang saya buat? Penasaran ngga? Yakin penasaran?

Bahan:

– ayam kampung ½ kg (bisa pakai ayam sayur)

– 450 ml kaldu ayam

– ½ butir kelapa yang sudah diparut

– minyak sayur secukupnya

Bumbu halus:

– 4 siung bawang merah

– 4 siung bawang putih

– 4 buah cabai rawit (bagi yang suka pedas bisa ditambah ya sista)

– 1 sendok teh lada bubuk

– garam secukupnya

– ½ sendok teh penyedap rasa

– 2 buah kemiri

– ½ sendok makan gula merah

-1 sendok teh ketumbar

– ½ sendok teh pala bubuk

– ½ sendok teh gula pasir

Bumbu diparut:

– 1 ruas kunyit

– 2 ruas jari jahe

– 1 ruas lengkuas

tambahan:

– 1 lembar daun jeruk purut

– 1 buah sereh digeprek

– 1 cm kayu manis

 

Cara membuat:

– potong ayam kampung yang sudah dicuci bersih dengan air mengalir.

– siapkan bumbu halus, bumbu parut dan kepala parut.

– tumis bumbu halus dalam minyak panas sampai harum, tambahkan bumbu parut dan kepala parut, aduk-aduk hingga merata, jangan lupa daun jeruk, sereh dan kayu manis juga dimasukkan.

– masukkan ayam dan air kaldu ayam.

– ungkep ayam sampai empuk dan bumbu meresap.

– setelah ayam empuk, tirikan dan sisihkan (air kaldu benar-benar sudah meresap ya sista).

– panaskan minyak sayur secukupnya untuk menggoreng ayam dan bumbunya.

– goreng ayam plus bumbu sampai matang dan berwarna kecoklatan dan matang, kemudian tiriskan.

– bisa langsung disusun dalam piring saji. Taraaa.,,,,,,,,, ayam serundeng siap disantap.

logo santeaja konvert

Mungkin pada bingung kok serundengnya ngga disangrai dulu? Boleh kok kalau serundengnya mau disangrai dulu, malah lebih enak. Tapi cara ini juga enak kok sista, cobain deh. Saya sudah membuktikan. Trust me, it works hahhahahaa. Pokoke enakkk. Untuk sambelnya, yuk bisa dilihat di sini Resep sambel santeaja.com ya sista, untuk pelengkapnya!

Nah…, Happy cooking \(@.@)/

Resep ayam goreng serundeng rempah | admin | 4.5