Resep Jamur Cryspi Renyah Gurih

Resep Jamur Cryspi Renyah Gurih. Kalau yang ini nih aslinya menu resep lanjutan jumat kemarin tentang resep terong balado pedas manis. Saya menggunakan bahan jamur tiram. Jamur juga menu yang fleksibel lhoo buat diolah bunda. Jamur itu mengandung protein nabati yang baik sebagai sumber protein. Selain itu bagi yang lagi mengurangi makan daging ayam, bisa kok pakai alternatif bahan makanan satu ini, ya rasanya sebelas duabelas lah sama ayam qqq.

jamur cryspi gurih

Untuk kali ini jamurnya saya masak cryspi. Request suami juga sih, menu favorit lah kalau yang satu ini. Oh ya saya tidak memakai tepung bumbu ya bunda, tapi kalau bunda mau pakai tepung bumbu juga bisa. Saya pakai tepung terigu dan tepung beras dan beberapa bumbu.

Lihat juga: Resep Perkedel Talas Gurih

Mulaa-mula ya siapin bahan-bahan dan alatnya bunda. Apa aja dan gimana bikinnya, yuk mari kita lihat:

Bahan yang diperlukan:

– ¼ kg jamur tiram

– 250 gram tepung terigu

– 100 gram tepung beras

– minyak goreng

– air secukupnya

Bumbu:

– 2 sendok teh lada bubuk

– 2 siung bawang putih

– 1 buah kemiri

– 2 sendok teh bubuk ketumbar (kalau ngga ada yang bubuk bisa pakai yang butiran terus ditumbuk ya bun)

– 3 sendok teh garam

– 1 sendok teh penyedap rasa (saya pakai r*yco)

Baca juga Resep Nugget Jamur Tiram

Cara membuat:

– cuci bersih jamur dan disuwir-suwir pakai tangan dan cuci bersih kembali sambil diperas-peras agar kandungan air berkurang.

– haluskan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, lada, kemiri, garam dan penyedap, kemudian sisihkan.

– ayak tepung terigu dan tepung beras aduk-aduk biar tecampur merata, kemudian ambil seperempat bagian.

– seperempat bagian tepung diberi bumbu yang sudah dihaluskan dan diberi air sedikit demi sedikit sampai kental seperti adonan buat bikin mendoan, cicipi agar asinnya pas.

– sisa tepung terigu dan beras diberi bumbu seperti garam dan penyedap rasa, campur sampai merata. Nah sekarang ada dua adonan tepung, yang kental dan yang kering (lihat gambar ya bun kalau bingung)

– siapkan minyak panas. Guling-gulingkan jamur di tepung ketal, kemudian guling-gulingkan di tepung kering, goreng di minyak panas sampai berwarna kecoklatan.

Jamur cryspi renyah dan kres siap untuk disantap. Kalau kata suami, ngga kalah sama jamur cryspi di warung Super Sambal alias SS (#dasar). Bisa juga disajikan dengan dicocol saus or sambal ya bun. Untuk  referensi resep menu sambalya bisa dicek di sini: Resep Sambal ala santeaja.com.

Selamat memasak!

Resep Jamur Cryspi Renyah Gurih | admin | 4.5