Resep keripik nangka tradisional yang manis dan renyah

Resep keripik nangka tradisional yang manis dan renyah – Kalau kita pergi ke daerah kabupaten Batang, Jawa Tengah di tempat oleh-oleh tersedia keripik nangka. Di daerah Batang banyak petani yang bertani nangka. Ukuran nangkanya sangat besar lho. Mungkin kalau di desa kamu nangkanya hanya sampai 5 kg, tapi kalau nangka dari Batang mencapai 40 kg hingga 50 kg. Besar sekali bukan?

Keripik nangka sangat enak karena selain gurih rasanya manis alami. Hemm… keripik nangka ini masih sangat jarang lho. Jadi masih banyak peluang bisnis keripik dari nangka ini. Mungkin menurut saya untuk mendapatkan nangka setiap hari masih susah, jadi masih agak sulit dijadikan bisnis yang kontinyu. Untuk harga satu bungkus keripik nangka dihargai 10.000 kurang lebih satu ons atau 100 gram. Kalau industri rumah tangga yang sudah maju, pembuatan keripik nangka ini sudah menggunakan mesin.

cara membuat keripik nangka

Diantaranya adalah mesin untuk mengeringkan nangka sebelum digoreng. Tujuannya untuk menghilangkan kandungan air pada nangka. Kalau tidak punya alatnya kita bisa memakai yang tradisional saja, yaitu dengan menggunakan oven biasa yang dipanaskan di atas api. Nah setelah keripik nangka digoreng, untuk menghilangkan atau mengurangi kandungan minyak pada nangka bisa menggunakan “pemusing” atau mesin sentrifugal.

Bahan yang diperlukan :

  • Buah nangka yang setengah matang 2 kg
  • Air 2,5 liter
  • Kapur sirih 100 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula pasir 250 gram
  • Garam secukupnya

Cara membuat keripik nangka dengan oven :

  1. Nangka dibelah terlebih dahulu menjadi beberapa bagian dan ambil daging nangka
  2. membersihkan daging nangka dari biji dan lainnya.
  3. Masukan kapur sirih pada air, kemudian tambahkan garam dan gula pasir. Aduk-aduk hingga semua bahan larut. Kemudian masukan daging nangka. Rendam selama 1 jam. Fungsi kapur sirih adalah untuk menghilangkan getah pada nangka.
  4. Angkat nangka dari rendaman dan tiriskan
  5. Panaskan oven tradisional pada wajan, dan masukan nangka pada oven. Terlebih dahulu diatur letak daging nangkanya agar tidak bertumpukan. Tujuan nangka dioven adalah untuk menghilangkan kandungan air pada nangka. Setidaknya bisa mengurangi kandungan airnya. Setelah nangka kering lanjut ke tahap berikutnya.
  6. Panaskan wajan hingga benar-benar panas dan goreng nangka hingga berwarna kuning keemasan atau coklat.
  7. Setelah nangka matang digoreng, kalau sista punya alat sentrifugal atau pemusing bisa digunakan agar kandungan minyak nangka bisa hilang, jadi nangka bisa tahan sampai satu bulan.

Praktekan juga resep keripik talas yang gurih dan tidak gatal

Demikianlah resep keripik nangka tradisioal yang renyah dan manis. Resep ini sangat mudah dipraktekan dan tidak perlu menggunakan mesin seperti pengering dan mesin pemusing. Selamat mencoba di rumah yah. Pesan saya, jangan pernah lelah untuk memasak 🙂

Resep keripik nangka tradisional yang manis dan renyah | admin | 4.5