Resep Kue Cucur Tradisional dengan Gula Jawa

Hallo bunda, kali ini saya akan membagikan resep kue cucur tradisional dengan gula jawa yang saya peroleh dari majalah Nova. Kue cucur ini asli dari Jawa. Di tempat saya di Tegal, kue cucur ini termasuk salah satu jenis jajan pasar. Contoh lain jajan pasar seperti kue apem, kue putu ayu, kue lapis, gorengan, kue cenil, dan masih banyak yang lainnya.

Waktu masih kecil saya sering dibelikan oleh ibu kue cucur. Di jaman saya dulu tahun 90an, harga kue cucur sangat murah, yaitu Rp50 perak, kemudian naik Rp100. Saat ini harganya per kue Rp500 hingga Rp800. Walaupun dari bahan tepung beras, gula merah, dan tepung terigu ini rasanya sangat nikmat lho. Tapi kue ini sayangnya agak banyak minyaknya karena masaknya harus di goreng.

resep kue cucur tradisional

 

Kalau makan kue cucur sekarang sebelumnya diolesi dengan tisu terlebih dahulu agar minyaknya terserap oleh tisu yang halus. Kalau di desa, kue cucur ini sering muncul kalau musim hajatan seperti pernikahan atau sunatan. Agar kue cucur ini baunya wangi, bisa ditambah dengan daun pandan.

Bahan yang diperlukan:

  • ½ kg minyak goreng
  • 135 g tepung beras
  • 125 g gula merah, yang di sisir halus
  • 25 g tepung terigu jenis protein sedang
  • 250 mL air kelapa
  • ¼ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Kue Cucur:

  1. Mendidihkan gula merah dengan air secukupnya kemudian ditambah dengan daun pandan agar baunya wangi. Setelah mendidih, sediakan saringan. Kemudian saring air gula dan daun pandan sampai airnya 300 mL. Biarkan beberapa saat agar tidak panas.
  2. Sediakan baskom untuk tempat adonan, kemudian masukan tepung terigu, tepung beras, dan garam. Aduk-aduk hingga merata.
  3. Tambahkan larutan gula ke dalam baskom adonan tadi sedikit-sedikit sambil di aduk-aduk. Kemudian adonan diuleni. Biarkan adonan yang selama 40 menitan.
  4. Sediakan wajan yang cekung atau yang kecil. Panaskan wajan dan masukan sekitar 4 sendok minyak goreng atau satu centong dengan ukuran sendok sayur.
  5. Setelah minyak goreng panas, tuangkan adonan cucur dengan sendok sayur
  6. Bagian atas tengah cucur ditusuk-tusuk dengan lidi kemudian dibalik sebentar agar matangnya merata. Setelah matang segera diangkat.

Demikianlah pembahasan resep kue cucur tradisional dengan gula jawa yang sangat sederhana ini. Semoga bisa menginspirasi para bunda di rumah. SEMANGAT MEMASAK!!!

Resep Kue Cucur Tradisional dengan Gula Jawa | admin | 4.5