Resep Sayur Asem Sunda yang senger banget

Resep sayur asem Sunda– Bagi sista yang sedanga hamil nih, ada resep yang cukup recomended, tidak hanya sista hamil saja sih sebenarnya, tapi juga sista yang sudah masuk kategori sebagai ibu-ibu rumah tangga. Hemm, penulis ada resep dari chef santeaja.com. Resep sayur asem Sunda, sebagai salah satu masakan khas alias tradisional dari Nusantara tepatnya dari suku Sunda ini, si sayur asem memiliki segudang manfaat untuk sista dan keluarga, selain cara membuatnya yang cukup mudah bahan yang sederhana, dan pastinya mudah ditemukan di sekitar rumah nih (khususnya yang tinggal di desa).hehehe

resep sayur asem sunda
langsung saja sista, kita kuak rahasia manfaat dari sayur asem. Sayur asem merupakan sebuah hidangan masakan yang terdiri dari berbagai macam sayuran, tentunya terdapat asam jawa juga. Yaiyalah lah, gimana mau dinamakan sayur sem kalau tidak ada asemnya. Sayur asem ini biasanya terdiri atas kacang panjang, kacang tanah, melinjo beserta daunnya, jagung manis, labu siam, dan asam jawa.

Manfaat dari sayur-sayuran ini jika dijabarkan satu per satu sangat banyak sista, sista dapat membacanya di artikel manfaat sayur asam yah.. penulis hanya akan membahas garis besarnya saja yang perlu sista tahu. Asam jawa dalam sayur asam dapat mengobati sakit batuk kering yang menyiksa, darah rendah juga nih sista. Kacang panjang dapat mengendalikan gula darah tubuh, mencegah stroke dan jantung juga loh, keren kan. Labu siam dapat mencegah kanker dan melancarkan proses pencernaan, mengikat lemak sekaligus menambah energi, semakin semangat kan sista harinya.

Melinjo dapat menagkal radikal bebas dan membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Kacang tanah dapat mencegah sembelit dan yang pentingnya, rendah kolestrol. Terakhir nih jagung manis, jagung manis merupakan sumber kalori untuk tubuh. Waah, karena sayur asam terdiri dari banyak sayuran semakin banyak juga yah kandungan baik sayur asam Sunda ini. MANTAP!

Bahan untuk membuat sayur asem Sunda:

  1. Jagung manis, 2 buah dipotong besar dulu yah sist.
  2. Kacang tanah, 1 genggam yang sudah di buang kulitnya.
  3. Kacang panjang, 75 gram potong sekitar 3 cm.
  4. Labu siam, 1 buah kupas dan potong-potong membentuk dadu.
  5. Kulit melinjo, 1 genggam pisahkan biji melinjonya.
  6. Daun melinjo siapkan 15 lembar.
  7. Cabe hijau yang besar, 4 buah potong sekitar 2 cm.
  8. Lengkuas, 3 cm memarkan terlebih dahulu.
  9. Daun salam,
  10. Air asam jawa, 4 sendok makan.
  11. Air besih, 1,5 liter.

Bumbu-bumbu yang perlu dihaluskan:

  1. Bawang putih, 3 siung.
  2. Bawang merah, 6 siung.
  3. Terasi yang telah dibakar.
  4. Cabe merah, 3 buah.
  5. Gula merah dan garam secukupnya.

[ Resep sayur sop sederhana yang mudah dipraktekan ]

[ Resep sayur lodeh dari Semarang ]

Cara membuat sayur asem Sunda:

  1. Rebus air samai mendidih, kemudian tambahkan sayuran jagung manis, kulit melinjo, dan kacang tanah rebus hingga sayuran lunak.
  2. Masukkan juga bumbu yang telah sista haluskan, kemudian disusul daun salam dan lengkuas, tunggu hingga air mendidih.
  3. Selanjutnya, sista masukkan kacang panjang, labu siam, daun melinjo, dan cabe hijau. Masak hingga matang.
  4. Terakhir tambahkan air asam jawa, garam, dan gula merah. Aduk-aduk hingga merata. Setelah merata matikan api, sajikan sayur asem Sunda selagi hangat.

Nah mudah kan jika sista akan mempraktikkan resep sayur asem Sunda? Dapatkan manfaat yang menyehatkan.