Resep sayur lodeh warna warni gurih

Resep sayur lodeh warna warni gurih. sayur itu merupakan anugerah Allah SWT yang kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayur juga merupakan hadiah dari Allah di alam. Maka dari itu, penting sekali mengkonsumsi sayur dalam makanan ya sista. Saya sih suka sekali nge-raw (makan mentah) sayur, semisal untuk lalapan, tinggal bikin sambal, beres atau dibikin salad. Hemm, tapi suami bosan kayaknya kalau saya nyiapin makanan sayur itu-itu terus, nanti dikira malas masak lagi :p. Apalagi Tegal masih dilanda hujan akhir-akhir ini, apakah sudah masuk musim hujan ya? Ahh saya ngga akan bahas hujan di sini, tapi lebih mau bahas menu yang cucok pas ujan-ujan seperti hari minggu sore ini.

Setelah ngaduk-aduk isi kulkas dan akhirnya, saya putuskan untuk memasak sayur lodeh gurih yang warna warni sayur yang kaya serat dan vitamin. Gimana resepnya, apa saja yang dibutuhkan? Gimana raanya? Wah pokoknya yahutt dehh nyummy,,,,kalo kata suamiku,,, empat jempol (sumpah yang ini beneran),,,, kebetulan karena masak cukup banyak,,, akhirnya bagi-bagi juga buat tetangga. Well, inilah resepnya (ngga usah dicatat, cukup di ‘save page’ aja :P)

resep sayur lodeh gurih

resep sayur lodeh gurih

Bahan/ sayuran:

– santan 500 ml

– terong 2 buah ukuran sedang

– wortel 3 buah ukuran sedang atau selera

– 1 buah jagung manis

– buncis ¼ kg potong serong

– tahu coklat ukuran sedang 6 buah

– tomat 2 buah

– minyak sayur untuk menumis bumbu halus

Bumbu halus:

– 1 sendok teh ketumbar

– 3 siung bawang putih

– 4 siung bawang merah

– 5 buah cabai merah besar (buang bijinya)

– 3 buah bacai rawit (atau lebih bagi yang suka pedas)

– 1 ruas kunyit

– 1 ruas lengkuas

– 2 buah daun salam

– 1 buah serai digeprek

– 2 buah kemiri

– garam secukupnya

– ½ sendok teh lada bubuk

– penyedap rasa secukupnya

– 1 sendok teh gula merah

Cara membuat:

cara membuat sayur lodeh

cara membuat sayur lodeh

– bersihkan sayur, potong dadu wortel, tomat dan terong. Potong menyerong buncis. Dan potong tipis-tipis jagung manis. Cuci bersih juga tahu coklatnya.

– tumis bumbu halus hingga harum dan matang, kemudian tambahkan sedikit air.

– masukan wortel, buncis dan jagung manis. Aduk-aduk hingga agak layu dan setengah matang. Masukkan santan setengahnya sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.

– kemudian masukkan terong, tomat dan tahu coklat beserta sisa santan. Masak lagi hingga mendidih sambil diaduk-aduk hingga sayur matang.

– angkat dan sajikan.

Mudah kan sista,,, oh ya bumbunya bisa dihaluskan atau diiri tipis-tipis ya sista, sama aja tetap enak kok. Pokoknya sayur lodehnya gurih dan mantap deh. Pas banget dengan nasi anget. Sekian dulu sista, yuk mari makan!

Resep sayur lodeh warna warni gurih | admin | 4.5