Resep tempe kering karamel bertabur teri

Resep tempe kering karamel bertabur teri. Siang semua, bagaimana hari ini pada masak tidak? Bagi pecinta tempe, mari merapat ke sini. Tempe itu merupakan menu yang sangat merakyat sekali. Hampir di semua kalangan pasti menyukai jenis bahan makanan ini. Selain jurah, kaya akan protein juga, protein apa yang terkandung? Iya protein nabati yang bagus buat tubuh.

Hari ini sebenanrnya saya malas memasak, ngga hanya hari ini sih, hari-hari sebelumnya juga malas masak #eh. Karena minggu-minggu ini kebetulan jadwal ’show’ saya yang cukup padat merayap, jadi pagi-pagi mesti ngga sempet masak, padahal suami dan anak pasti butuh makan, ya terpaksalah sering beli makanan jadi siap santap. Uh,,,padahal selain mungkin lebih mahal, kebersihan belum tentu terjaga. Nah maka dari itu saya selalu berusaha memasak sebisa mungkin untuk orang terkasih.

Ceritanya seperti biasa, pagi-pagi rutinitas kita bertiga (saya, suami dan maira) jalan-jalan pagi untuk sekedar melihat keindahan kota Tegal Laka-Laka ya hanya sekedar mencari angin (?). jalan-jalan di sini naik motor ya pemirsah, soalnya Mai belum bisa diandalkan,,,daripada kaki gempor gendong Mai kayak gendong beras 10 kg sekarang (>.<). Dan untuk sarapan pagi suami minta mampir beli nasi lengko (hayo pada tahu kan nasi lengko? Saya sudah posting di artikl sebelumnya). Nah lihat penjual tempe kelihatan ayu-ayu (cantik). Beli deh,,,, padahal belum ada ide mau masak apa nanti, qqqq. Suami jg ngga begitu suka ama tempe kalau di masak itu-itu saja. Dan,,,,, saya ingat kalau di kulkas masih ada teri. Ya udah deh,,, saya putuskan untuk memodifikasi menu sebelumnya dan tentu saja Tempe Kering Karamel Bertabur Teri enak maknyuss ala dapur santeaja.com ini.

Baca juga: Resep tempe sosis karamel enak sedap

Resepnya masih hampir sama dengan tempe kering kebanyakan. Hanya saja saya kreasikan dengan taburan teri dan bawang bombay. Gimana rasanya? Ternyata lebih gurih kalau kata suami. Dan tentunya,,, suami eke sukaaaaaa. Itu yang penting. Yuk mari simak resepnya, ngga usah di catat, cukup di save saja di gadget masing-masing qqqqqqq.

Bahan:

– 1 lonjor tempe (saya suka yang dibungkus pakai daun, lebih harum)

– 250 gram teri kering (yang tidak asin yah)

– minyak sayur untuk menggoreng dan menumis

Bumbu halus:

– 5 siung bawang merah

– 4 siung bawang putih

– 4 buah kemiri

– 2 sendok teh ketumbar bubuk (kalau ngga ada pakai ketumbar biasa yang ditumbuk)

– 1 sendok teh lada bubuk (kalau ngga ada bisa pakai lada yang ditumbuk ya sista)

– 4 sendok makan gula merah/ aren

– 1 sendok teh gula halus

– 1 sendok teh penyedap rasa sapi

– 2 sendok teh garam halus atau sesuai selera

Bumbu iris:

– 4 buah cabai keriting, iris menyerong

– ½ bawang bombai, cincang

Bumbu lain:

– 2 lembar daun salam

– 1 buah sereh yang digeprek

Langkah membuat:

– potong kecil-kecil memanjang tempe.

– siapkan bumbu halus, bumbu iris dan bumbu lainnya.

– goreng tempe yang sudah dipotong-potong dalam minyak yang panas sampai garing crspy ya sista, soalnya kalau masih lembek jadi kurang bagus nanti hasilnya. Jika sudah garing, angkat dan sisihkan.

– goreng teri kering, dan bumbu iris sampai layu dan mengering. Masukkan bumbu halus dan tumis sampai matang. Jangan lupa tambahkan daun salam dan sereh geprek.

– terakhir masukkan tempe goreng, aduk-aduk sampai bumbu merata hingga bumbu pekat seperti karamel. Taraa…..tempe karamel siap disantap eh disajikan!

Enak ngga ya tempe kering karamel bertabur teri ini? Oh kalau kata suami sih endang banget qqq….disantap dengan nasi hangat sama irisan timun mantep pokoknya. Perlu dicoba deh,,,. Oh ya sista, menu makanan ini awet lho sampai 2 hari, soalnya pengawet alami dari gula. Jadi bagi yang malas masak, sekalian masak yang lumayan banyak, buat stok besok-besoknya, asalkan jangan malas masak terus ya. Happy cooking!

Resep tempe kering karamel bertabur teri | admin | 4.5