Resep terong balado bertabur telur puyuh

Resep terong balado bertabur telur puyuh. Aha mari masak memasak lagi sista semua. Menu hari ini buat makan siang cucok banget kayaknya. Biasa pagi-pagi sebelum berangkat nguli (alias kerja), saya sebagai istri yang yang taat pada suami (#tsah), yah menyiapkan menu buat suami tercinta dan buah hati tercinta tentunya. Apa itu? Eit sudah bisa menebak dari judulnya saya rasa.

Ceritanya pagi-pagi jam 6 biasa ngajak anak jalan-jalan (baca: gendong) sembari melihat pemandangan kota Tegal yang asri, saya jalan kaki lho semabri ngegndong genduk. Jalan cukup jauh tapi ngga capek karna seneng sih, eh ada penjual sayur langganan saya, ya sudah beli deh, niatnay sih mau beli lauk saja nanti, ah setelah dipikir-pikir mending masak sendiri dah, lagean suami juga kangen masakan saya katanya #suer ini ngga ngarang, kalau ngga percaya tanya suami saya (-_-‘). Yang katanya enak itu, baiklah demi memenuhi hasrat makan suami yang akhir-akhir ini meningkat, maka saya akan memasak…….. terong \(@.@)/.

Baca juga: Resep kentang tempe karamel pedas manis

Berhubung di kulkas masih ada sisa telur puyuh dan tomat, maka saya putuskan akan memasak terong balado saja (#langsung background musiknya Ayu Ting2),, Sambalodo eee Sambalado,,,#plak. Ke kembali ke resep, nih pantengin resepnya, mudah sekali bagi yang lagi mau belajar memasak: judulnya Resep terong balado bertabur telur puyuh.

Bahan:

– 4 buah terong hijau besar

– 10 butir tlur puyuh

– minyak sayur untuk menggoreng dan menumis

– air secukupnya

Bumbu halus:

– 4 siung bawang merah

– 4 siung bawang putih

– 6 buah cabai merah besar yang bijinya sudah dibuang

– 4 buah cabai rawit merah

– 2  buah cabai rawit hijau

– 3 buah kemiri

– 2 buah tomat merah ukuran sedang

– 1/2 sendok teh lada bubuk

– 1 sendok makan gula merah

– 2 sendok teh gula halus

– ½ sendok teh penyedap rasa

– 1 sendok teh garam halus (atau sesuai selera ya gaess, kalau saya dan suami ngga begtu suka asin, makannya garamnya disesuaikan)

– ¼ sendok teh terasi sangrai

Bumbu lain:

– 1 lembar daun jeruk wangi

– 1 lembar daun salam

– 1 buah sereh (ini juga optional, tapi ternyata membuat rasanya tambah mantap)

Cara membuat:

– cuci bersih terong dan potong mendadu agak panjang, kemudian goreng hingga matang.

– kupas sampai bersih telur puyuh, sisihkan.

– uleg bumbu sampai halus (bumbu halus), kemudian tumis dengan sedikit minyak. Masak hingga harum dan matang. Jangan lupa tambahkan daun salam, daun jeruk dan sereh, kemudian tumis kembali.

– tambahkan 4 sendok makan air (saya pakai air kaldu ayam). Kemudian masukkan terong goreng dan telur puyuh, aduk-aduk kembali secara merata hingga bumbu benar-benar meresap kira-kira 10 menit.

– setelah kandungan air mengental, masakan siap diangkat dan disajikan!

Bagaimana sista, mudah bukan? Ayo-ayo semangat masak buat orang-orang tercinta biar ngga pada jajan qqqqq. Baiklah sekian dlu, tunggu apdetan resepan saya berikutnya. Sudah waktunya saya pamit, happy cooking, muachhh (#nemplok di pipi suami).

Resep terong balado bertabur telur puyuh | admin | 4.5